Langsung ke konten utama

Cara Agar Senantiasa Istiqamah Dalam Berhijab



Cara Agar Senantiasa Istiqamah Dalam Berhijab



1. Pahami landasan hukum berjilbab dari al-Qur'an.

Sebagaimana ketentuan berjilbab dalam QS. An Nur : 31.  Dikatakan tentang bagaimana kewajiban muslimah untuk menutup auratnya, kecuali hanya boleh menampakkan pada mahramnya. Muslimah juga harus menahan pandangan dan memelihara kemaluannya agar terhindar dari berbuat zina.


2. Kuatkan niat karena Allah.

Ketika pertama kali meniatan diri untuk berjilbab, niatkan pertama kali karena ingin mematuhi perintah Allah Swt. Misalnya bukan karena ikut-ikutan teman atau tuntutan dari profesi sebagai penjual hijab online. Dan niat tersebut harus terus diulang-ulang setiap harinya, supaya tidak lupa.



Jilbab yang sesuai dengan keinginan Allah itu yang lebar, menutupi dada, tidak transparan, tidak menampilkan lekuk tubuh dan hanya menampakkan wajah dan telapak tangan. Simpelnya, ketika Emak sedang bepergian dan waktunya shalat sementara lupa membawa mukena, dengan jilbab yang dikenakan memenuhi syarat untuk sholat tanpa memakai mukena, maka itulah jilbab yang benar.


4. Jangan mudah tergoda dengan fashion kekinian yang tidak syar’i.

Sekarang, terutama di medsos, banyak sekali bertebaran tutorial hijab. Yaitu cara memakai hijab yang kekinian. Padahal memakai jilbab yang syar’i itu simpel dan praktis, tidak terlalu banyak gaya ini dan itu.


5. Memahami manfaat jilbab bagi kesehatan dan kecantikan.

Selain memakai jilbab karena kepatuhan Emak kepada Allah, ternyata jilbab juga bermanfaat dari segi kesehatan dan kecantikan terutama kulit. Dengan tingkat polusi yang makin parah dan lapisan ozon yang makin menipis, gempuran sinar ultraviolet penyebab kanker kulit semakin ekstrim.



Berjilbab itu wajib, ya Mak. Wajib bagi setiap wanita yang muslimah. Berjilbab itu kalau diibaratkan adalah gerbang utama untuk meraih keridhoan Allah Swt.


7. Mencari teman yang bisa saling menguatkan.

Ada kalanya manusia itu kualitas keimanannya sedang naik, stgnan atau menurun. Nah, supaya Emak tetap istiqomah dan ter-charged terus keimanannya, maka carilah teman-teman yang bisa saling mengingatkan dan menguatkan.


8. Sering meng-upgrade ilmu agama.

Kalau amal tanpa ilmu atau ilmu tanpa amal, tidak akan bernilai apa-apa. Jadi, selama hayat masih di kandung badan, teruslah menambah ilmu. Supaya Emak makin istiqomah dan bisa mengajak teman-teman muslimah yang belum berjilbab agar segera berjilbab.


9. Senantiasa memohon/berdoa kepada Allah agar diistiqomahkan.

Ikhtiar sudah, bertawakal sudah. Doa juga jangan ketinggalan, ya Mak? Semoga menjadi ibadah yang diterima Allah Swt dan bernilai pahala.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pentingnya Berhijab Bagi Muslimah

Kata jilbab diambil dari kata Arab Hajaba yang berarti menyembunyikan. Dalam masyarakat sekarang, mengenakan jilbab mengacu pada penutup aurat wanita muslim. Hari ini kita melihat banyak wanita non-muslim dan muslim bertanya tentang "Mengapa Wanita Muslim mengenakan jilbab?" Jawabannya adalah bahwa wanita Muslim diperintahkan oleh Allah untuk menutupi kepala mereka dan mengenakan jilbab dan kerudung. Meliputi keindahan wanita adalah untuk kehormatan dan perlindungannya daripada penindasan. Pentingnya jilbab dan kebajikan jilbab dapat dinilai dengan ayat-ayat Alquran. Jilbab atau penutup Wanita Muslim disebutkan dalam Al-Qur'an dengan jelas.

Berikut adalah beberapa ayat tentang apa yang Allah katakan dalam Al-Qur'an tentang jilbab

1. Jilbab menjadikan wanita sederhana dan terhormat

"Wahai Nabi! Beritahu istri dan anak-anak perempuan Anda dan wanita-wanita orang percaya untuk menarik jubah (kerudung) di sekujur tubuh mereka (yaitu layar sepenuhnya). Itu akan lebih ba…

Tips Agar Mantap Berhijab

Ingin Berhijab Tapi Masih Malu?